Selasa, 15 November 2011

Global Warming

Pemanasan global atau yang sering kita dengar dengan Global Warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi.

Global Warming ini sebagian besar disebabkan oleh Efek Rumah Kaca. Efek rumah kaca, yang pertama kali diusulkan oleh Joseph Fourier pada 1824, merupakan proses pemanasan permukaan suatu benda langit (terutama planet atau satelit) yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya.

Efek rumah kaca sebenarnya dapat kita bagi dua yaitu, efek rumah kaca alami yang terjadi secara alami di bumi, dan efek rumah kaca ditingkatkan yang terjadi akibat aktivitas manusia.

Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

Meningkatnya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan adanya perubahan iklim yang sangat ekstrem di bumi. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer.

Pemanasan global mengakibatkan mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut. Efek rumah kaca juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu air laut.

Dengan meningkatnya konsentrasi gas CO2 di atmosfer, maka akan semakin banyak gelombang panas yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap atmosfer. Hal ini akan mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi meningkat.


Sebagian besar keadaan yang terjadi pada bumi kita ini, dilakukan oleh tangan manusia sendiri.

Seperti halnya, menebangi hutan secara liar dan tidak mengadakan reboisasi, penggunaan kendaraan yang banyak mengeluarkan polusi sehingga mencemari bumi dan mengakibatkan lapisan ozon semakin menipis, semakin banyak berdirinya industri-industri yang mencemari bumi, dan semua hal tersebut dapat mengganggu kestabilan ekosistem yang berdampak pada bumi itu sendiri.

Bukankah telah kita rasakan effect dari Pemanasan Global ini...? Keadaan cuaca yang semakin ekstreem, pagi hujan siang panas dan malam kembali dingin. Perubahan iklim ini paling tidak benar-benar mempengaruhi perilaku dan kebiasaan serta aktivitas yang akan kita lakukan.

Terkadang aktivitas kita tersendat karena alasan hujan, panas dan lain sebagainya.

Dan mari kita perkecil kemungkinan Pemanasan Global ini dimulai dari hal kecil, dan of course dari diri kita sendiri, and from now!

We can start from :



1. Eat less meat
2. Switch to green power
3. Buy Local food
4. Use Public Transport
5. Or we can walking and using bike
6. Save Power and Money
7. Choose energy effecient like change to energy efficient light blubs
8. Go Green
9. We must use effeciently, like use water, ink, paper,and other.
10. we can recycle.
11. We can make bipory.

So, guys lets we doing from now!
Kita harus berhemat dan jangan menggunakan sesuatu yang berlebihan dari sekarang!
We can save our earth!
Let's Heal The World!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar